Rabu, 20 Maret 2013

Profil Klub Juventus FC

Salah satu klub raksaa Italia yang terkenal dengan sebutan 'Si Nyonya Tua' kini kembali merumpun di liga eropa setelah sempat terdegradasi ke Serie B Italia lantaran terkait kasus Calciopolli, mereka adalah Juventus FC. Klub sepak bola asal Italia ini terkenal dengan kostum Hitam-putih nya, dan juga sebagai salah satu klub tersukses di Dunia, dengan mengantongi banyak gelar, termasuk 28 kali menjadi juara Scudetto Italia. Bahkan saat ini Juve tengah memuncaki klasmen sementara Serie A Italia.

Klub ini beridiri tepat pada tanggal 1 November 1897, dan sejak tahun 1923 klub ini milik keluarga Agnelli sebagai pemailik perusahaan FIAT Group, dan ternyata I Bianconneri adalah salah satu anak dari perusahaan Group FIAT tersebut. Juventus lebih akrab dengan sebutan 'Juve' dan klub ini ditaburi oleh pemain pemain bintang dari berbagai negara, tak heran jika banyak gelar mereka raih. Karena prestasi tersebut, akhirnya Juve memiliki banyak Fans dari berbagai negara, dan nama fans mereka adalah Juventini.

Nama Klub       :  Juventus F.C (Juve)
Julukan Klub    :  - [La] Vecchia Signora (Nyonya Tua)
                   - [La] Fidanzata d'Italia (Sang Kekasih Italia)
                   - [I] bianconeri (Putih - Hitam)
                   - [Le] Zebre (Si Zebra)
                   - [La] Signora Omicidi (Nyonya Pembunuh
Tanggal Berduri :  1 November 1897
Stadion Klub    :  Juventus Stadion
Lokasi Stadion  :  Torino
Kapasitas       :  41.000
Pemilik Klub    :  Keluarga Agnelli
Pelatih Klub    :  Antonio Conte
Liga            :  Serie A Italia
Kostum          :  Hitam-Putih (Home), Dominasi hitam list Putih (Away), Hitam-Pink (ketiga)

Dahulu, ketika baru pertama kali berdiri Juventus bernama Sport Club Juventus, yang kemudian sempat mengalami perpecahan namun tetap bertahan bahkan ketika perang dunia ke II usai, klub ini dibentuk oleh siswa siswa sekola Massimo D'Azeglio Lyceum yang ada di daerah Liceo D’Azeglio, Turin, Italia. Di masa masa awal berdiri nya klub ini, Juventus masih dipandang sebelah mata oleh dunia sepak bola, namun semenjak tahun 1923 ketika Edoardo Agnelli selaku pemilik perusahaan FIAT mengambil alih klub ini, Juve akhirnya menjadi klub yang tak bisa diremehkan bahkan 2 tahun setelah digaet Edoardo Agnelli yakni di musim 1925-26, Juve berhasil meraih gelar scucetto pertama mereka.

Kejayaan Juventus dimulai, bahkan ketika dilatih oleh Carlo Carcano, juventus meraih Gelar Scudetto 5 kali berturut-turut yakni mulai dari tahun 1930 sampai 1935. Kejayaan Juventus pun berlanjut, selalu ditaburi pemain-pemain bintang dan diasuh pelatih-pelatih hebat, termasuk didalamnya adalah Fabio Capello (mantan pemain Juve Sendiri). Sayang tahun 2006 juve terjerat kasus Calciopolli (Pengaturan Skor) dan didegradasi ke Divisi II untuk pertama kali nya. Namun selang semusim saja Juve sudah kembali ke Divisi I, dan ditahun 2012 kemarin kebangkitan Juve terlihat dibawah asuhan Antonio Conte yang sukses mengembalikan gelar Scodetto kepada Juve bahkan menjadi klub tak terkalahkan selama satu musim lama nya, juga menjadi klub terbaik kedua eropa yang paling sedikit kebobolan gol yaitu hanya 20 gol saja. (agen)

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus